Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut, ini Penjelasannya

 

Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut, ini Penjelasannya

Diauntuksiapa.my.id - Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut, ini Penjelasannya. Semakin hari, banyak profesi lama yang sudah mulai tergantikan dengan teknologi canggih masa kini. Meski begitu, masih ada jenis pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan manusia, contohnya adalah kerajinan. Adapun, orang yang membuat benda-benda kerajinan disebut sebagai profesi pengrajin.

Profesi pengrajin ini sebenarnya terdiri dari banyak macam-macamnya, tergantung bahan baku maupun jenis objek yang mereka ciptakan. Kira-kira, apa saja ya macam-macam profesi pengrajin ini? Silakan simak penjelasannya pada ulasan singkat di bawah ini!

Macam-Macam Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut?

Secara umum, profesi pengrajin merupakan kategori pekerjaan yang menghasilkan barang atau benda fisik. Jadi, pekerjaan para pengrajin tersebut adalah mengubah suatu bahan baku yang bersifat mentah menjadi produk atau barang jadi.

Barang jadi ini nantinya akan berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam jangka waktu lama. Kira-kira, apa saja sih jenis-jenis kerajinan beserta nama pengrajinnya? Berikut adalah nama-nama profesi pengrajin beserta jenis produk yang mereka hasilkan :

1. Pengrajin Cenderamata

Orang yang bekerja sebagai pengrajin cinderamata adalah mereka yang tugasnya membuat suatu barang bernilai guna yang dihasilkan dari pengolahan bahan dari sumber daya alam, sumber daya tambang, maupun barang–barang bekas.

Adapun contoh-contoh bahan baku kerajinan cenderamata tersebut antara lain batok kelapa, pecahan kaca, cangkang kerang, kain perca, kain flanel, kayu bekas, besi, tembaga, dan lain-lain. 

Namun secara umum, para pengrajin cinderamata lebih sering menggunakan bahan baku yang ada di sekitarnya untuk membuat berbagai jenis hasil karya seperti hiasan dinding, frame foto, gantungan kunci, bros, hiasan toples, dan masih banyak lagi.

2. Pengrajin Kayu

Jika menggunakan bahan baku kayu, orang yang membuat benda-benda kerajinan disebut sebagai seorang pengrajin kayu. Setiap pengrajin kayu dapat menyulap balok kayu biasa menjadi furnitur rumah tangga, aneka hiasan, peralatan dapur, dan lain-lain.

Contoh hasil karya yang dibuat oleh para pengrajin kayu antara lain meja, kursi, lemari, sendok, patung pahatan, mimbar, dan masih banyak lagi.

3. Pengrajin Besi

Seorang pembuat benda yang berasal dari bahan baku besi disebut sebagai pengrajin besi. Tugas mereka adalah mengolah besi mulai dari proses penambangan sampai menjadi barang-barang siap pakai.

Macam-macam hasil produksi kerajinan besi pun juga beragam yaitu pedang, rantai, vas bunga, meja logam, perisai, kap lampu, miniatur, dan lain-lain.

Itu dia beberapa jenis profesi pengrajin sesuai bahan baku kerajinan yang dikerjakannya. Setiap pengrajin perlu memiliki daya kreativitas tinggi agar bisa mengubah barang yang kurang bernilai menjadi barang yang sarat guna.

Postingan populer dari blog ini

Orang yang Diwawancarai Disebut Apa Dalam Dunia Kerja

Pilihan Kata-kata yang Digunakan dalam Puisi Disebut: Menelusuri Kekayaan Bahasa dalam Karya Sastra

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa Berikut Penjelasan Ahli